Jl. Arteri Soekarno Hatta 10A-B PIN :7E76F4EB Telp:085640980491

Tuesday, June 10, 2014

Candi Kayen




Pada bulan Agustus 2010,sudah di jumpai atau di temukan sebuah Situs di Kayen,pertemuan itu berawal ketika penduduk setempat berniat membangun mushola di sebelah barat makam Ki Gede Miyono. Ketika itu penduduk menemukan bata-bata kuna yang berukuran besar.Pembangunan mushola ini diperuntukkan tempat ibadah bagi para peziarah makam Ki Gede Miyono.Oleh penduduk setempat, beberapa bata kuna tersebut dimanfaatkan untuk membangun Makam Ki Gede Miyono.
Kuat dugaan bangunan di tanah wakaf musala dan sawah milik warga Dusun Mbuloh itu sebagai candi zaman Mataram Kuno, sekitar abad 9-10.Bentuk bata yang berukuran cukup besar dan tersusun menjadi bangunan berundak menjadi ciri khas candi zaman Mataram Kuno. Dugaan bangunan ini candi, diperkuat dengan ditemukannya antefiks dan kemuncak di lokasi penggalian.Bangunan yang diduga candi itu berada sekitar 100 meter sebelah barat makam Ki Gede Miyono, salah satu tokoh penyebar agama Islam pada masa Kerajaan Demak di Kayen.

Monumen(bangunan)

Struktur berbahan bahan bata yang masih intact dan terpendam dalam tanah, beberapa temuan bata-bata kuna berukuran tebal 8 – 10 cm, lebar 23 – 24 cm, dan panjang 39 cm, serta komponen bagian dari candi seperti antefiks dan kemuncak di sekitar situs diduga merupakan bangunan candi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Candi Kayen

0 komentar:

Post a Comment